Monday, March 15, 2010

Makam Seniman Giri Sapto

Beberapa orang mungkin sangat menghindari topik kematian. Mengerikan tentu saja. Bayangan tentang pemakanan yang akan dipenuhi dengan nuansa kesedihan, kesendirian, belum lagi tentang alam lain yang akan kita kunjungi dengan penuh misteri, seolah menjadi momok yang sebaiknya tidak dibicarakan.


Namun bagi seniman mungkin akan berbeda, mereka yang terbiasa membebaskan cara berpikirnya, terbiasa mewujudkan impiannya dalam sebuah konsep nyata, ternyata benar-benar menghayatinya hingga di liang lahat.


Lihat bagaimana indahnya Makam Seniman Giri Sapto yang ada di Imogiri, Jogjakarta. Jauh dari kesan angker. Dikelilingi pepohonan rindang yang tertata apik, dengan ukiran-ukiran terpahat di patung-patung dan arca yang tersebar di tempat-tertentu, belum lagi sebuah tangga panjang menjuntai yang saya namai sendiri "way to heaven", benar-benar suasana yang malahan eksotis untuk dikunjungi. Berseberangan dengan hamparan hutan kayu putih, tempat ini bisa jadi alternatif pilihan bila ingin melihat pemandangan alam yang indah dan objek wisata yang unik. Sedikit saja pesan saya, bila kita selalu mengagumi karya-karya cipta dan dedikasi mereka, sudah selayaknyalah juga kita turut menjaga dan tidak mengotori tempat peristirahatannya sebagai bentuk penghormatan terhadap pengabdian mereka semasa hidup.


Bagi saya pribadi adalah sebuah keindahan yang luar biasa ketika mereka yang dalam hidupnya di dunia memuja pada kesenian, lalu akhir hayatnya diabadikan dalam sebuah persemayaman yang sangat artistik. Dirumah terakhir inilah para seniman dan budayawan besar seperti L. Manik, Sapto Hoedojo, menasbihkan kecintaan mereka pada dunia seni.


Jogjakarta, 15 Maret 1010

5 comments:

  1. menyukai tempat itu, baru pertama kali ke itu...duuuh, semoga saya besok qualified ya untuk dimakamkan di sana....

    ReplyDelete
  2. Amieeeeen ya sayang.. *walaupun tetep ga rela kalo ini kita obrolin sekarang :(

    ReplyDelete
  3. ada satu makam lagi yang jauh dari kesan angker. dalam kota daerah agak atas. mau ngasih tau tapi gak mau*opo si gep...bagus bgt tempatnya, ya mayan lah buat tdur siang

    ReplyDelete
  4. Hahahaaa gimana si geb.. mo ngasi tau kok nanggung x(

    ReplyDelete
  5. Siiip......mantap.akses jalan mudah....(cocok bagi yang latihan nyopir).....tempatnya luas,indah..jauh dari kesan angker.....ajak keluarga refreshing ke sana.....monggo!

    buat mbak santi.....tolong posting pemandangan di giri saptonya di tambah donk!

    bisa mampir beli rempeyek imogiri.....atau batik imogiri...atau wedang uwuh imogiri....and singgah di warung sate sepanjang jl imogiri (wonokromo) mak nyusss murah meriah......

    ReplyDelete